oleh

SSB Samudera Putra Wakili Maluku Utara Piala Soeratin U-13

MOROTAI-Sekolah Sepakbola (SSB) Samudera Putra Ternate, akhirnya tampil sebagai juara Piala Soeratin U-13 zona Maluku Utara. Satu tiket nasional direbut SSB yang berhome basc di kelurahan Kota Baru Ternate itu, setelah di partai final mengalahkan SSB Nuku Junior Tidore Kepulauan, pada Minggu (27/2/2022) di lapangan Gambesi Ternate.

Partai final antara SSB Samudra Putra dan Nuku Junior berjalan cukup alot dengan saling membalas serangan. Hingga babak pertama berakhir kedua tim tak mampu mencipatakan gol. Memasuki babak kedua, kekuatan kedua tim masih berimbang serangan demi serangan terus dibangun kedua tim.

Namun masih di menit awal babak kedua peta bagi Nuku Junior setelah pemain belakang Nuku Junior Vikri Wirya Prtama nomor punggung 7 melakukan pelanggaran terhadap pemain Samudra Putra sekitar 20 meter dari sektor kanan pertahanan.

Andika Rizkillah pemain nomor punggung 11 Samudera Putera bertindak selaku eksekutor tendangan bebas, tidak menyia-nyiakan kesempatan tesebut dan lewat tendangan tersebut mampu menembus gawang Nuku Junior yang dijaga Nughi Rizki.

Skor 1-0 untuk Samudera Putra bertahan hingga wasit Ishak Ibrahim menipu peluit panjang tanda berakhirnya partai final.

Dengan demikian SSB yang berhome basc di kelurahan Kota Baru Ternate itu, mewakili Provinsi Maluku Utara pada putaran nasional Piala Soeratin U-13 yang akan digelar di Jakarta pada 16 Maret 2022 nanti.

Sekretaris Umum (Sekum) Asprov PSSI Maluku Utara, H Bahrun Abubakar ketika menutup acara gelaran Piala Soeratin U-13 Zona Maluku Utara memberikan apresiasi tinggi kepada 6 SSB yang berpartisipasi pada Piala Soeratin U-13.

“Karena ini merupakan kali pertama gelaran di Maluku Utara dan SSB yang terafiliasi menunjukkan kesiapan bertanding yang baik, meskipun ada sedikit kekurangan tetapi berhasil diatasi,”sebutnya.

Harapan Asprov Malut kata Bahrun Abubakar, kedepan Piala Soeratin U-13 semakin marak dengan harapan akan bertambah SSB terafeliasi di Askab/Askot dalam wilayah Asprov PSSI Maluku Utara.

Bahrun Abubakar menlai, dilihat dari segi tehnis setiap pemain masih memiliki kekurangan-kekurangan tapi dari sisi semangat dapat diacungi jempol untuk pembinaan pemain usia dini.

Selanjutx Asprov PSSI Malut berharap SSB Samudera Putera dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi babak Putaran Nasional nanti dan mengharumkan nama sepakbola Maluku Utara di kancah Nasional.

Piala Soeratin U-13 2022-2022 Maluku Utara yang digelar pada tgl 23-27 Feb 2022 di lapangan Gambesi Ternate diikuti 6 SSB Terafiliasi oleh Asprov PSSI Malut yaitu SSB Indonesia Muda Ternate, SSB Mayoma  Ternate, SSB Samudera Putra Ternate, SSB Binter Ternate, SSB Villaray Tikep dan SSB Nuku Junior Tikep.

Dimana dalam putaran zona Malut itu, dibagi dalam 2 grup Samudera Putra Ternate berhasil keluar sebagai juara grup A setelah mengalahkan SSB Villaray 3-0 dan SSB IM Ternate 6-4 untuk memastikan tempat di babak final.

Sementara di grup B SSB Nuku Junior pada pertandingan pertama bermain imbang 0-0 melawan SSB Mayoma dan pertandingan kedua mengalahkan SSB Binter dengan skor 2-1 sehingga melaju ke babak final dengan status juara grup B. (red)

Bagikan

Komentar