oleh

Pentingnya Membaca untuk Peningkatan Kualitas SDM

SOFIFI-Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Muhammad Syarif Bando memberikan apresiasi kepada Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Maluku Utara, Muliyadi Tutupoho, yang telah menggelar Festival Literasi Maluku Utara tahun 2022. Sebab, program Festival Literasi katanya, merupakan penjabaran dari pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Presiden RI, Joko Widodo Tahun 2020-2024.

Menurutnya, Literasi merupakan kedalaman pengetahuan seseorang terhadap sesuatu subjek ilmu pngetahuan tertentu, yang dapat diimplementasikan dengan inovasi dan kreativitas untuk memproduksi barang dan jasa yang berkualitas tinggi, dan dapat dipakai untuk memenangkan persaingan global.

“Jadi literasi bukan hanya sekedar pandai baca tulis,” kata Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Muhammad Syarif Bando usai peluncuran Festival Literasi Maluku Utara dan Gerakan Sibua Literasi (Sinergi Budaya Baca Lintas sektor), di Aula Nuku Kantor Gubernur Maluku Utara, Senin (3/10/2022).

Dia mengatakan, membaca berperan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Melalui bahan bacaan yang ada di perpustakaan, masyarakat dapat meningkatkan pengetahuannya untuk meningkatkan kecakapan pada kemampuan memproduksi barang dan saja.

“Kita memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah. Dan apa yang dilakukan hari ini dapat menjadi bekal bagi generasi muda pada saat Indonesia memasuki Indonesia emas tahun 2045,”ungkap Syarif.

Syarif mengatakan, peningkatan kualitas SDM tidak bisa tidak dengan cara mencerna semua pengetahuan yang ada di berbagai buku, baik teori klasik maupun modern, untuk dipraktekkan sehingga masyarakat dapat memproduksi barang dan jasa.

“Kesadaran ini harus ditanamkan bahwa betapa pentingnya kita menanamkan ilmu dalam otak kita. Jadi satu-satunya pintu masuk ilmu pengetahuan ke otak manusia adalah dengan membaca,” katanya. (red)

Bagikan

Komentar