oleh

40 Persen Narapidana Kasus Asusila Penghuni Lapas Sanana

SANANA-Sekitar 40 persen narapidana kasus asusila kini sebagai penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula. Bahkan narapidana kasus asusila terhadap anak yang menghuni Lapas meningkat.

Kepala Lapas Kelas IIB Sanana Ismail menjelaskan, dari jumlah narapidana yang saat ini menghuni Lapas Sanana sebanyak 146 orang, terdapat 40 persen adalah napi kasus asusila termasuk asusila terhadap anak.

“Dari jumlah secara total, pelaku kasus asusila terhadap anak yang paling mendominasi. Bila dipresentasikan jumlahnya sekitar 40 persen,”kata Ismail kepada malutsatu.com, Selasa (30/11/2021).

Selain Narapida kasus asusila Ismail mengungkapkan, ada juga sejumlah kasus pidana lainnya. Seperti kasus narkoba, kemudian pencurian, kekerasan, pembunuhan, pencurian, tindak pidana korupsi dan beberapa kasus.

“Meski begitu, kasus asusila terhadap anak lebih banyak ketimbang kasus-kasus lainnya,”ungkapnya.

Terkait dengan dominasi kasus asusila Ismail berharap ada perhatian khusus dan keluarga bahkan dari semua stakeholder di Kabupaten Sula, terutama orang tua yang selalu memonitor dan membimbing anak mereka.

“Saya berharap kepada orang-orang tua agar lebih berperan aktif dalam mengawasi anak-anaknya. Bahkan, masalah ini juga dibutuhkan perhatian serius dari semua sektor entah itu dari masyarakat maupun Pemerintah Daerah,”harapnya. (mit)

Bagikan

Komentar