oleh

KP Umumkan Pendaftaran Calon Komite Eksekutif Asprov PSSI Maluku Utara

TERNATE-Komite Pemilihan (KP) PSSI mengumumkan pendaftaran bakal calon Komite Eksekutif Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Maluku Utara periode 2022-2026, yang akan dimulai pendaftaran pada Rabu (15/2/2022) dan akan ditutup pada Senin (28/2/2022) pukul 24.00 WIT.

Calon Komite Eksekutif Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Maluku Utara periode 2022-2026 akan dipilih dalam Kongres Luar Biasa Asprov PSSI Malut, yang digelar pada 19 Maret 2022 nanti.

“Untuk KLB dengan agenda Pemilihan Calon Komite Eksekutif terdiri dari Ketua Umum, Wakil Ketua Umum dan Anggota Komite Ekeskutif,”ungkap Ketua Komite Pemilihan Asprov PSSI Malut, Aldi Ali di secretariat Panitia Kongres, Selasa (15/2/2022).

Aldi juga menyampaikan Tahapan Pelaksanaan dan Persyaratan serta Mekanisme Pengusulan Bakal Calon Ketua Umum, Wakil Ketua Umum dan Komite Eksekutif asprov PSSI Maluku Utara Periode 2022-2026.

Pendaftaran Bakal Calon (Ketua, Wakil Ketua dan Anggota Komite Eksekutif) akan dimulai 16-28 Februari 2022, Verifikasi Data Bakal Calon (Ketua, Wakil Ketua dan Anggota Komite Eksekutif) tanggal 1-2 Maret 2022, Pengumuman Hasil Bakal Calon (Ketua, Wakil Ketua dan Anggota Komite Eksekutif) tanggal 3 Maret 2022.

Selanjutnya Komite Pemilihan mengagendakan tahapan Banding yakni, tanggal 4 Maret 2022 Pengajuan Banding Hasil Bakal Calon (Ketua, Wakil Ketua dan Anggota Komite Eksekutif).

“Jadi dalam mekanisme kongres di PSSI jika ada bakal calon keberatan pengumuman oleh Komite Pemilihan, maka diberikan kesempatan untuk banding yang disampaikan ke Komite Banding Pemilihan,”kata Aldi Ali.

Berdasarkan jadwal yang telah disamaikan ke PSSI dimana untuk tahapan banding akan dimulai pada tanggal 5-6 Maret 2022, dan hasil banding akan dumumkan pada tanggal 7 Maret 2022.

Aldi Ali juga menyampaikan, untuk persyaratan Calon Ketua Umum Asprov PSSI Maluku Utara selain berusia minimal 30 tahun serta mendapat Deklarasi Dukungan minimal Satu dari Asosiasi Kabupaten/Kota Asprov PSSI Maluku Utara dan Asosiasi Futsal Provinsi Maluku Utara.

“Berdasarkan penetapan voter (hak suara) terdapat 26 voter terdiri dari 10 Aksab/Askot, 1 Asosiasi Futsal Provinsi Maluku Utara, dan 15 Perserikatan/klub se Maluku Utara,”kata Aldi Ali.

Namun untuk pengajuan bakal calon Komite Eksekutif adalah Askab/Asosiasi Futsal, sedangkan untuk 15 perserikatan hanya memiliki hal suara untuk memilih, tidak berhak untuk mengajukan bakal calon.

“Perlu diketahui juga syarat untuk calon ketua umum Asprov PSSI Maluku Utara berdasarkan statuta PSSI memiliki pengalaman aktif selama 5 tahun dalam mengelola sepakbola dibawah kalender resmi PSSI,”ungkap Aldi Ali.

Seluruh Dokumen Usulan Bakal Calon dijilid spiral dan disusun sesuai urutan persyaratan dan ditujukan kepada Komite Pemilihan (KP) Kongres ASPROV PSSI Sekretariat : Jl. Limau Jore-Jore Kelurahan Salero Kecamatan Ternate Utara Kota Ternate dan dikirim ke email : kongresasprov@gmail.com

Untuk persyaratan individual terdiri dari Pas foto berwarna background biru (4×6) sebanyak 4 lembar,           Curriculum Vitae (CV) yang menyatakan 5 tahun aktif di sepakbola, Surat Keterangan dari ASPROV PSSI Maluku Utara untuk setiap pengalaman yang dicantumkan, Foto copy KTP.

Selain itu Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Surat Keterangan Tidak Pernah Dipidana dari Pengadilan Negeri setempat serta  Surat Keterangan Sehat dari Rumah Sakit Pemerintah.

“Komite Pemilihan (KP) Kongres ASPROV PSSI Maluku Utara 2022 berhak menolak berkas usulan Bakal Calon Ketua, Wakil Ketua dan Anggota Komite Eksekutif ASPROV PSSI Maluku Utara 2022-2026 apabila tidak sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan,”kata Aldi Ali. (red)

Bagikan

Komentar