oleh

Wujudkan Pemilu Bermartabat, Bawaslu Sosialisasi Pengawasan Partisipatif

LAIWUI-Pelaksanaan Pemilihan Serentak tahun 2024 membutuhkan lebih banyak keterlibatan masyarakat dalam turut aktif menjadi relawan pengawasan partisipatif. Sebab, semakin banyak yang terlibat dalam pengawasan partisipatif, maka diyakini akan menjadikan hasil Pemilu semakin bermartabat.

Hal itu ditegaskan anggota Bawaslu Kabupaten Halmahera Selaan (Halsel), Rais Kahar S.Pd, M.Si dalam sambutan saat membuka kegiatan sosialisasi Pengawasan Partisipatif Dalam Persiapan Pemilu 2024 yang digelar Bawaslu Halsel.

Dia mengatakan, tahapan pelaksanaan pemilu sudah ditetapkan oleh KPU dan Bawaslu sesuai tugas dan kewenangan melakukan pengawasan didalamnya pencegahan, serta meningkatkan partisipasi masyarakat.

“Untuk pengawasan partisipatif, Bawaslu melibatkan semua elemen masyarakat secara bersama-sama melakukan pencegahan pengawasan pemilu,”katanya di Kedai Solimongo Laiwui Kecamatan Obi, Halsel pada Minggu (4/12/2022).

Pada kesempatan itu Rais Kahar menyampaikan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah hadir mengikuti kegiatan sosialisasi, dengan harapan bisa melaporkan potensi dugaan pelanggaran yang terjadi disetiap tahapan pemilu kepada Bawaslu, Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan/Desa.

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh 60 peserta yang berasal dari unsur Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Kelompok Perempuan (PKK) Majelis Ta’lim, para Ketua Pemuda Desa Laiwui, Jikotamo, Kampung Buton, Akegula, dan Desa Kampung Baru serta siswa siswi SMK Global Teknologi dan SMK Obi Pratama, dan SMA Negeri 6 Halmahera Selatan.

Turuy hadir dalam kegiatan sosialisasi yakni Sekretaris Kacamatan Obi (Sekcam) Risno Tjia, S.Pd, serta dari unsur Kepolisian AIPTU, Riski Candra kanit Binmas Polsek Pulau Obi.dan Ketua  Panwaslu Obi, Rifai Hi. Ali.

Mulifa Thalib salah satu peserta memberikan apresiasi kepada bawaslu yang sudah membuat kegiatan dan memberikan pencerahan terkait kepemiluan, jangan hanya berhenti disini saja akan tetapi selalu dilakukan lagi di desa-desa yang lain sehingga semua masyarakat dapat tercerahkan dengan kegiatan yang dilakukan oleh Bawaslu. (red)

Bagikan

Komentar