oleh

Meningkat Arus Mudik di Bandara Baabulah Ternate

TERNATE-Sepekan jelang hari raya idul fitri 1434 Hijriah/2022 Masehi, Bandar Udara (Bandara) Sultan Baabulah Ternate, Maluku Utara mulai dipadati pemudik yang keluar Kota Ternate.

Data yang diperoleh di Bandara Baabullah Ternate menyebutkan, seminggu jelang Idul Fitri terjadi kenaikan penumpang yang keluar Ternate. Pada hari biasanya, jumlah penumpang dibawah 1.000 dan saat ini mencapai 1.000 lebih.

Jumlah ini mengalami peningkatan sekitar 30-40 persen, jumlah ini akan terus meningkat hingga pada puncak arus mudik pada 29 April 2022, diprediki bisa naik menjadi 70-80 persen.

“Hari biasanya di bawah 1.000 penumpang, sekarang sudah naik jadi 1000 lebih, jadi naik sekiat 30-40 persen. Diperkirakan pada puncak arus mudik pada tanggal 29 april 2022, akan beranjak sekiatar 70 – 80 persen,“ ujar PLT Kepala UPBU Sultan Baabullah Ternate, Syahril Robert,  usai membuka posko angkutan lebaran di Terminal penumpang pada Senin (25/4/2022).

Untuk pelayanan angkutan mudik lebaran Tahun 2022, ada 8 Maskapai 19 fligt  penerbangan dalam sehari akan siap melayani pemudik, jika terjadi penumpukan penumpang tentunya ekstran flight akan di tambah.

“Ada 8 maskapai dengan 19 flight penerbangan, Jika ada penumpukan pemudik pihak bandara tentunya akan siap jika maskapai menyiapakan,“tutur Syahril seraya menambahkan syarat ketentuan perjalanan tentunya mengacu pada suarat edaran 48 tahun 2022, terkait syarat perjalanan  meski pemerintah telah melonggarkan syarat perjalanan.

”Pemerintah telah melonggarkan perjalanan  tetapi protokol kesehatan tetap di tegakan. Untuk di bandara sendiri ada klinik kesehatan berada di lantai 2 terminal, sehingga penumpang yang berangkat dapat menafaatkan untuk vaksin atau yang sudah 2 kali vaksin bisa swab antigen. Jika penumpang yang telah vaksin booster tidak lagi diperlukan antigen dan pcr,”jelas Syahri.

Untuk ketentuan penerapan prokse lanjut Syahril, tetap diperketat yang akan dilakukan oleh aviction security di setiap pintu masuk ruang tunggu bandara. Selain itu, tetap pemeriksaan layak terbang, pengisian EHAC sebelum berangkat wajib di isi oleh calon penumpang pihak bandara,“ujarnya. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed