oleh

Pemuda Gereja Melayani Kaum Muslim Shalat Ied di Gelora Kieraha

TERNATE-Aksi toleransi ditunjukan umat Kristiani di kota Ternate saat pelaksanaan Shlat Ied Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 hijriah, pada Senin (2/5/2022) yang dipusatkan d lapangan Stadion Gelora Kierah.

Angkatan Muda Gereja Protestan Maluku (AMGPM) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) bersama pelajar SMP Katolik membagikan Koran gratis kepada ribuan jamaah shalat Idul Fitri di pintu masuk Gelora Kieraha Ternate

“Kegiatan seperti ini sudah menjadi agenda rutin setiap perayaan Idul Fitri 1443 Hijriah, selain itu kehadiran AMGPM untuk membangun tali silaturahim dan memupuk rasa persaudaraan antar-umat beragama di Kota Ternate,” kata Kigen Lokulalan, Ketua Angkatan Muda Gereja Protestan Maluku, Senin (2/5/2022) di Ternate.

AMGPM Kota Ternate kata Kigen, bersama-sama siswa dari SMP Katolik dan seluruhnya sekitar 20 orang ditugaskan bagikan Koran besar di empat pintu masuk dan menjaga kondisi di sekitar lapangan Gelora Kieraha selama pelaksanaan shalat Idul Fitri.

Untuk persiapan melayani saudara muslim yang akan melaksanakan shalat idul fitri di Gelora Kieraha, lanjut Kigen koran bekas dikumpulkan selama dua minggu dan diperoleh dari bantuan teman-teman.

Ketua AMPGPM itu menyatakan, apresiasi dirinya kepada PHBI yang memberikan kesempatan kepada AMGPM Ternate untuk bersama-sama membagikan Koran ke jamaah shalat Idul Fitri di gelora kieraha.

“Apa yang dilakukan ini bisa memupuk rasa persaudaraan dan toleransi antar-umat beragama di Kota Ternate dan Maluku Utara dalam kehidupan sehari-hari,”kata Kigen.

Sebelumnya, AMGPM pada tahun sebelumnya, mereka bersama-sama petugas keamanan menjaga keamanan dan membantu membagikan masker kepada jamaah shalat Ied di Gelora Kieraha Ternate.

Bahkan, mereka sangat berbangga mendapat kepercayaan dari saudara-saudara muslim untuk ikut terlibat menyalurkan masker dan membantu membersihkan koran yang digunakan usai pelaksanaan shalat Ied di Gelora Kieraha.

Sementara itu, Sekretaris Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Ternate, Muhammad Iksan memberi apresiasinya kepada seluruh pengurus AMGPM dan siswa SMP Katolik Ternate bersama-sama umat muslim membangun rasa persaudaraan antar-umat beragama.

“Kami bangga ada saudara-saudara umat Kristiani yang berinisiatif hadir saat pelaksanaan shalat Ied di Gelora Kieraha dengan cara memberikan Koran gratis dan membersihkan lapangan gelora kieraha seusai shalat Ied, ini bentuk rasa toleransi antar-umat beragama,” ujar Kabag Kesra Setda Pemkot Ternate tersebut. (red)

Bagikan

Komentar

News Feed