oleh

Anggaran Pilkada 2024, Pemprov Rancang Skema Shering dengan Kabupaten/Kota

TERNATE-Pemerintah Provinsi Maluku Utara akan mengagenda pertemuan dengan Pemda kabupaten dan kota untuk membahas dan berkoordinasi terkait dengan penganggaran untuk mendapatkan penyelenggaraan pilkada serentak tahun 2024.

“Saya sudah bicarakan dengan Bappeda untuk mengagendakan rapat bersama dengan Kabupaten dan kota bahas penganggaran Pilkada,”ungkap Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Utara Drs.Samsuddin Abdul Kadir, Jumat, 28 April 2023 di Ternate.

Menurutnya, untuk pelaksanaan Pilkada 2024 secara serentak dimana Pemilihan Gubernur bersamaan dengan Bupati dan Wali Kota, sehingga harus dibahas skema adanya sering anggaran untuk Pilkada.

“Jadi inikan secara bersamaan sehingga nantinya Pemda provinsi dan kabupaten/kota shering anggaran misalkan, Porvinsi tanggung berapa banyak biaya untuk TPS atau ada hal-hal yang saling shering anggaran,”katanya.

Sekda mengaku, jika bersamaan dan menjadi tanggung jawab bersama dalam penggaran Pilkada akan terasa ringan, hanya saja tinggal dibahas metode shering antara Pemprov dan masing-masing Kabupaten dan kota.

Sekdaprov juga mengimbau kepada Pemerintah Kabupaten/Kota dapat segera berkoordinasi dengan KPU dan Bawaslu terkait besaran serta rincian kebutuhan dana pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2024.

Penganggaran untuk Pilkada serentak tahun 2024 ini berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 41 Tahun 2020 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2019 Tentang Pendanaan Kegiatan Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota Yang Bersumber dari APBD. (red)

Bagikan

Komentar