oleh

Sukses Penyelenggaraan Pemilu Tak Hanya Tugas Penyelenggara

TERNATE-Ketua Komisi Pemilihan (KPU) Provinsi Maluku Utara, Pudja Sutamat menegaskan, elemen penyelenggara ada 3 lembaga penting dalam Pemilihan dengan peran dan fungsinya masing-masing diantaranya, KPU, Bawaslu dan DKPP.

KPU sebagai pelaksana tahapan penyelenggaraan Pemilu, Bawaslu sebagai lembaga yang bertugas melakukan pencegahan, pengawasan dan penindakan, serta Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) sebagai penegak kode etik.

“Akan tetapi suksesnya penyelenggaran Pemilu tak hanya dibebankan kepada lembaga penyelenggaran, tetapi semua komponen strakholder dan pemangku kepentingan,”ungkap Pudja Sutamat pada acara Desiminasi Tahapan Penyelenggaraan Pemilihan Umum Serentak Tahun 2024, yang digelar KPU Provinsi Maluku Utara, Jumat (11/11/2022) bertempat di lantai 6 Muara Hotel Ternate.

Terakit dengan pelaksanaan Pemilihan Umum Serentak Tahun 2024 nanti, Pudja Sutamat berharap semua elemen dan komponen harus bersama-sama menyukseskan agenda bersama tersebut.

Dia menyebut Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) di Malut makin membaik, menyusul tingginya kesadaran masyarakat dan kinerja penyelenggara dalam pelaksanaan pemilu berjalan aman dan demokratis harsu tetap dipertahankan pada Pemilu 2024.

“Semua ini merupakan hasil kerja keras kita bersama para stakeholder (pemangku kepentingan), unsur forkopimda dan pemerintah daerah dalam mendukung kinerja para penyelenggara disemua tingkatan, sehingga Pemilu nanti bisa sukses,” ujarnya.

Dirinya menambahkan bahwa saat ini tahapan Pemilu Serentak sudah mulai dilakukan, dimana telah dilakukan verifiasi partai politik dan sebentar nanti akan pada tahapan jalur perseorangan (independen) dan termasuk juga pemutakhiran data para pemilih.

“Angka minimal IDI secara nasional mencapai 80 persen dan khusus untuk Malut sendiri dengan angka 72 persen itu, menjadi catatan khusus agar ke depan semakin baik lagi hingga mencapai angka 80 persen,”tuturnya. (red)

Bagikan

Komentar